Tugas Pengenalan Teknologi Internet dan New Media

Softskill

Pengenalan Teknologi Internet dan New Media

 

Nama   :  Pandan Wulan Setyaningrum

Kelas   :  2IA10

NPM   :  55411590

  1. Jelaskan/uraikan dengan jelas dan detail awal kalian mengenal, memulai internet dengan bahasa kalian sampai sekarang.

Awal saya mengenal internet sewaktu saya kelas 5 SD. Pertama saya mendengar percakapan teman saya tentang situs jejaring sosial yang ramai dibicarakan waktu saya SD yaitu Friendster. Karena saya masih sangat awam dan penasaran dengan yang namanya internet, saya mencoba bertanya kepada tetangga saya yang berusia lebih tua dari saya tentang menggunakan internet. Kemudian tetangga saya mengajarkan saya cara-cara masuk ke dalam internet dan membuat sebuah Friendster. Sebelumnya saya diajarkan untuk membuat e-mail terlebih dahulu. Setelah itu saya sedikit mengerti caranya memulai memakai internet. Saya mencoba-coba sendiri sambil mencoba browsing alamat yang lain seperti alamat web sekolah saya lalu saya mengetahui ketika praktek pelajaran komputer ada search engine atau mesin pencari bernama Google yang dapat membantu mencari web-web yang terkait dengan kata kunci yang kita masukkan.

Setelah saya beranjak SMP saya sudah lebih tau cara memakai internet untuk menggunakan jejaring sosial, e-mail, membuka situs WikiPedia untuk mencari informasi ilmu pengetahuan, membuka situs video online Youtube, membuat akun di Photobucket, menggunakan fasilitas download MP3, serta bergabung dalam forum pecinta kartun/anime jepang, penulis fiksi dan band kesukaan saya. Sewaktu saya kelas 1 SMA jejaring sosial terbaru yaitu Facebook sudah cukup terkenal waktu itu dan banyak teman saya yang sudah menggunakan situs itu. Kemudian saya coba membuat akun dan semakin banyak teman-teman saya yang membuat akun di Facebook dan nampaknya meninggalkan Friendster yang terbilang sudah tidak up to date. Seiring berjalannya waktu muncul lagi situs jejaring sosial Twitter yang menurut saya agak ribet dalam pemakaian pertamanya tetapi lama-lama saya bisa menggunakan Twitter. Situs Twitter tidak kalah juga peminatnya lalu ada juga jurnal penulisan seperti Blog untuk sarana tulis-menulis pemikiran di web seperti Blogspot, WordPress, BlogDetik dll.

Kemudian ketika saya kuliah, muncul situs untuk memposting foto-foto yang unik dan menarik dengan fasilitas pengeditan foto seperti Instagram atau Path jika memiliki iOS dan Android yang juga banyak digemari. Tetapi saya tidak mempunyai akun instagram karena saya kurang menyukai mengedit-edit foto. Dan masih banyak lagi situs yang sekarang sudah merebak menjadi media sosial bagi masyarakat. Sehingga cara untuk berkomunikasi di era masa kini semakin mudah dan cepat dengan teknologi yang sudah semakin maju.

2.  Buat tulisan terkait new media yang muncul dari tahun 2012 (awal-sekarang).

New Media merupakan istilah untuk perkembangan teknologi dan sains pada era yang baru untuk mengubah peralatan manual menjadi peralatan yang lebih canggih dan otomatis serta mengubah hal yang sulit dan lambat menjadi lebih mudah dan ringkas.

Tidak ada kata untuk mundur dalam industri teknologi. Seiring berjalannya waktu, selalu ada saja perkembangan-perkembangan teknologi untuk mempermudah pekerjaan manusia dan memudahkan kita untuk mencari informasi melalui internet. Salah satunya adalah Smartphone atau telepon seluler yang pintar dalam arti memiliki banyak aplikasi diantaranya adalah aplikasi sosial media, web browser yang lebih canggih untuk browsing internet serta aplikasi penunjuk arah dengan perantara Google Maps dan masih banyak fitur menarik yang terkandung dalam ponsel tersebut. Dalam penulisan ini, saya tidak membahas mengenai smartphone tetapi saya akan membahas tentang lima tren teknologi tahun 2012.

1. Augmented Reality

Teknologi augmented reality akan mewarnai berbagai bisnis yang bisa digunakan dalam strategi pemasarannya. Entah itu lewat games, aplikasi lokasi, bisnis minuman kopi, bisnis properti, dan sebagainya. Pemasaran melalui media virtual ini akan terus mengalami pembaruan. Mashable menyebutnya dengan “Reality with Style.”

Menurut laporan Visiongain, 25 persen aplikasi yang diunduh mengusung teknologi augmented reality tersebut.  Perkembangan ini menyusul dengan perkembangan jaringan Internet, dari 3G menuju 4G.

2. Ekonomi Micro-Payment

Perkembangan dunia digital telah mengubah banyak dalam hal pembayaran. Transaksi belanja pun semakin dimudahkan. Uang juga dengan gampang diputar. Teknologi pembayaran sistem mikro ini akan mendominasi transaksi di tahun mendatang.

3. Bangkitnya UltraBook

Perkembangan komputer tablet makin besar di tahun mendatang. Pada tahun ini saja, tablet mulai menggeser peranan komputer portable. Meskipun, tidak ada yang benar-benar mengatakan komputer personal (PC) bakal hilang dari peredaran.  Sebaliknya, kehadiran netbook dengan fotmat Ultrabooks akan menjadi tren di tahun depan. Ultrabooks sendiri diperkenalkan oleh Intel maupun Apple dengan MacBook Air-nya yang menandai kehadiran netbook dengan teknologi penuh daya.

4. Kelelahan Media Sosial dan Digital

Facebook akan tembus satu miliar dalam hal pengguna pada tahun 2012. Namun, jumlahnya di Amerika Serikat sendiri dipredikasi akan datar saja. Twitter juga akan berkembang dengan angka 450 juta pengguna, meski tidak ada orang pun tahu berapa jumlah penggunanya yang aktif.  Sementara itu, Google+ akan stagnan.

Secara umum, orang akan mengevaluasi eksistensi mereka di dunia digital dan sosial. Pada intinya, tahun 2012 akan menjadi tahun untuk merefleksikan kembali kegunaan media sosial dan digital untuk hidup masyarakat modern.

5. Perang Mobile Chips

Perang teknologi akan berlanjut. Bukan dalam perangkat besar, tapi pada skala mikro dalam rupa chips.  Perang chips akan semakin sengit mewarnai perangkat keras. Para pemainnya pun semakin banyak dengan menggunggulkan kecanggihan teknologinya, seperti Texas Instruments, Qualcomm, Motorola, Marvell, Nvidia, dan sebagainya.

Daftar Pustaka :

1. http://the-marketeers.com/archives/lima-tren-teknologi-tahun-2012.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s