Tugas Pengantar Web Science

Tugas Pengantar Web Science 5

Softskill

Nama: Pandan Wulan Setyaningrum

NPM:   55411490

Kelas:   2IA10

Pengertian dan Contoh Model Retorika pada Web

Aristoteles mendefinisikan retorika sebagai “kemampuan untuk melihat atau mengidentifikasi dalam keadaan tertentu sarana yang tersedia persuasi.” Menganalisis retorika berfokus pada “bagaimana” dan “mengapa” persuasi daripada apa hal-hal tertentu orang katakan atau tulis agar persuasif . Salah satu cara komponen strategi retoris adalah dengan menggunakan Segitiga Retoris. Model ini menempatkan ke dalam kerangka umum interaksi antara berbagai aktor dan perangkat dalam persuasi. Tiga Banding retorik adalah strategi utama yang digunakan untuk membujuk penonton/audience dan juga perangkat penting untuk memahami ketika membangun atau mendekonstruksi argumen. Retorika adalah sebuah seni berkomunikasi efektif dengan wicara. Retorika merujuk pada suatu teknik pemakaian bahasa sebagai seni, yang didasarkan pada suatu pengetahuan yang tersusun baik.

Gambar segitiga retoris

Image

Segitiga retoris memungkinkan Anda untuk secara efektif menganalisis teks yang berbeda sebuah argumen untuk strategi retoris dan perangkat. Model ini membentuk proses retoris menjadi bagian-bagian dikelola dan berbeda melalui Segitiga Retoris dan Tiga Banding Retoris:

Segitiga retoris terdiri dari tiga komponen yang hadir dalam setiap proses persuasif:

  • Penulis: orang yang menghasilkan teks.
  • Pemirsa: orang / orang yang menerima / teks.
  • Teks: pesan yang disampaikan dari penulis untuk penonton

Banding retoris:  tiga jalan utama dimana orang dibujuk.

  • Logos:  Strategi alasan, logika, atau fakta. Setiap jenis argumen yang menarik bagi sisi rasional seseorang adalah menarik untuk logo.
  • Ethos:  ” Karakter” Banding ke etos Strategi kredibilitas, wewenang, atau menunjukkan penulis kepercayaan, keahlian dan kejujuran dan berusaha untuk menempatkan penulis dalam cahaya yang lebih positif untuk penonton.
  • Pathos:  Strategi emosi dan mempengaruhi. Pathos menarik bagi rasa audiens kemarahan, kesedihan, atau kegembiraan.

Aristoteles berpendapat bahwa logos adalah bentuk terkuat dan paling dapat diandalkan dari persuasi, bentuk yang paling efektif persuasi, bagaimanapun, menggunakan ketiga banding.

Contoh model retorika dalam web:

Image

Contoh di atas merupakan Logos hanya berupa pesan teks yang masih terkandung dalam halaman web. Halaman web masih terkesan sangat kaku.

Image

Contoh di atas merupakan Ethos pada halaman web merupakan identitas dari web tersebut yang disajikan oleh penulis atau pembuat web sebagai situs buatannya. dapat berupa warna, lambang dan ciri khas lainnya.

Image

Contoh di atas merupakan Pathos yang merupakan emosi atau rasa yang ingin ditampilkan dalam suatu situs web. Pathos dapat mempengaruhi emosi para audiens ketika menjelajahi situs web yang diaksesnya.

segitiga retoris membawa kemampuan memahami bagaimana masing-masing banding retorika dan memungkinkan untuk memvisualisasikan hubungan websites dalam kategori yang sama dan apa yang membuat hal tersebut dapat berbeda dari orang lain.

tidak peduli bagaimana web akan berkembang sebagai media komunikasi, retorika selalu hadir sebagai alat bantu yang efektif bagi para arsitektur web.

Sumber:

1. michele.webasyst.net/files/e3ba9b4c/ZmlsZT1NVEUz&W=FL‎

2. http://www.slideshare.net/Tzek/rhetoric-model-for-web

3. http://writing2.richmond.edu/writing/wweb/Rhet_Triangle.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s